Cara Terhindar dari Pembuatan CV yang Buruk

Publikasi : 19 Mei 2016 - Oleh: Karirpad

Artikel ini akan membahas kesalahan yang kerap dilakukan oleh kandidat yang sedang mencari pekerjaan, hal-hal kecil yang kadang terlewatkan dirangkum oleh para personalia atau HR yang selalu menjadi pihak pertama dalam hal menerima CV dan surat lamaran kandidat pencari pekerjaan. Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran dan CV ke perusahaan yang Anda incar, ada baiknya untuk mencermati artikel yang berikut ini.

Pengejaan dan pengetikan

Jika Anda memutuskan untuk mengirimkan CV atau surat lamaran dalam bahasa Inggris, pastikan dengan benar bahwa pengejaan serta pengetikan sudah benar, periksa dengan jelas dan teliti jika ada penulisan yang salah, kurang benar dan lainnya. Begitu juga dengan grammar dan pilihan bahasa Inggris yang tepat untuk CV dan surat lamaran Anda.

Jangka waktu

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangka waktu antara pekerjaan terakhir dengan kegiatan Anda saat ini, terutama jika saat ini Anda sedang mencoba pekerjaan yang baru dan sebelumnya telah berhenti bekerja cukup lama. Idealnya adalah sampaikan kegiatan Anda saat ini di awal surat lamaran, sehingga personalia atau pihak yang akan melakukan wawancara kepada Anda bisa mengetahui di awal mengapa ada jangka waktu di dalam karir Anda.

Jangan berbohong

Terkadang demi membuat CV dan surat lamaran yang nampak menonjol banyak kandidat yang menambahkan atau melebih-lebihkan pengalaman dan prestasi yang telah dibuat, idealnya adalah untuk selalu menuliskan informasi yang benar dan tentunya sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengetahuan Anda.

Sesuai dengan posisi yang ditawarkan

Yang paling penting tentunya adalah untuk selalu mengetahui dengan jelas posisi yang ditawarkan, apakah sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda. Hal ini penting agar nantinya Anda bisa mengerjakan semua tugas yang diberikan dengan benar dan tentunya telah terbiasa. "Jangan paksakan pengalaman dan latar belakang pendidikan Anda yang berbeda terhadap posisi yang saat ini sedang dibutuhkan di perusahaan idaman Anda", saran Chandra Ming, CEO Karirpad. Idealnya adalah jika Anda ingin mencoba al yang berbeda dari pengalaman Anda coba pelajari dulu lebih dalam, ketika waktnya siap Anda pun bisa mencoba posisi yang berbeda dari pengalaman Anda sebelumnya.

Baca juga: 3 Hobi yang Bisa Menambah Nilai Lebih di CV Anda

Bagikan artikel ini

ARTIKEL LAINYA

Bingung Cara Lamar Kerja Online? Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

Lulusan Sastra? Ini Profesi Tepat Untuk Kamu!

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

Mau Mudah Cari Kerja? Ini Skill Paling Diminati Zaman Now

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

6 Kerja Part Time Berikut Bisa Support Kuliah dan Karir Kamu!

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

ˆ