Low of Leadership

Publikasi : 15 Desember 2015 - Oleh: Maxima Impact Indonesia

 

Bicara tentang kepemimpinan, pasti banyak orang yang tertarik, Mengapa ? karena semua orang berusaha dan berharap menjadi seorang pemimpin yang berhasil.

Apa yang dimaksud dengan Leadership dan Leader?

Leadership adalah suatu seni dan upaya secara sistemik dalam menggunakan apa yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui orang lain. Sedangkan Leader adalah seorang yang karena posisi, talenta, teladan, reputasi, atau karakter mampu mempengaruhi orang lain dalam bidang pemikiran atau kegiatan dan karena itu ia didengar atau diikuti.

Dalam buku yang berjudul 21 hukum kepemimpinan yang ditulis oleh John C Maxwell, dikatakan untuk menjadi Leader yang berhasil dibutuhkan beberapa hukum, berikut ini kami rangkumkan 6 hukum yang harus dimiliki agar menjadi seorang Leader yang berhasil :

  1. Hukum Big Picture: seorang Leader harus memiliki gambaran besar dalam hidupnya karena ini yang akan menjadi arah kemana ia akan berjalan. Seorang pelukis sebelum ia melukis dalam sebuah kanvas ia sudah memiliki gambaran besar yang akan dilukisnya di dalam pikirannya. Itulah yang harus dimiliki seorang Leader

  1. Hukum Everest: seorang yang ingin menaklukan gunung tertinggi di dunia ini tidak dapat berjalan sendiri, tetapi ia harus belajar meninggalkan egonya. Mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingannya sendiri. Seorang Leader harus berani meninggalkan egonya

  1. Hukum Relation: Seorang Leader harus dapat membangun hubungan baik dengan segala level, karena untuk mencapai tujuan yang besar bukan hanya terletak pada segelintir orang saja melainkan itu seperti mata rantai yang tidak dapat diputuskan. Apabila terputus maka rantai itu tidak dapat lagi menggerakan roda yang lebih besar.

  1. Hukum Rotten Apple: Sebuah apel yang busuk apabila dijadikan satu dengan sepuluh apel yang tidak busuk, maka sepuluh apel yang tidak busuk akan lebih cepat pembusukannya. Ini berbicara bahwa seorang Leader harus berpikir positif karena pikiran negative itu lebih cepat menular dan itu akan membuat team menjadi demotivasi.

  1. Hukum Sacrifice: Leader harus berani berkorban melebihi orang-orang yang dipimpinnya, karena itu seorang leader pasti akan selalu menjadi role model atau contoh bagi orang-orang disekitarnya.

  1. Hukum Link : Yang terakhir pemimpin harus dapat melihat peluang dan membangun jaringan yang besar, agar apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai

Jadilah Leader yang memiliki nilai dan melakukannya sehingga orang lain merasakan dampak dari apa yang anda kerjakan. Right Mind, True Success.

 

Denny Tantono

Founder of Maxima Impact Indonesia

 

Bagikan artikel ini

ARTIKEL LAINYA

Bingung Cara Lamar Kerja Online? Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

Lulusan Sastra? Ini Profesi Tepat Untuk Kamu!

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

Mau Mudah Cari Kerja? Ini Skill Paling Diminati Zaman Now

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

6 Kerja Part Time Berikut Bisa Support Kuliah dan Karir Kamu!

Publikasi : 19 Januari 2018
Oleh : Karirpad

ˆ