Siker, Siapkan Cerita Anda Saat Wawancara Kerja

Publikasi : 20 Maret 2015 - Oleh: Indra Prasta

 


Berbicara kehidupan menggandeng seluruh aspek penyokong keseharian kita. Mulai dari karir (pekerjaan), kisah cinta, hobi, band favorit hingga makanan kesukaan. Nah, pekerjaan tidak akan bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari bukan. Pekerjaan bisa silih berganti, apakah hidup juga bisa serta merta berubah? Relatif sebenarnya. Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Namun ketika ingin mengganti aka mencari pekerjaan baru, ada satu langkah yang biasanya terlewatkan oleh kebanyakan pencari kerja. Oh well...

Dalam mencari lowongan kerja terbaru, lalu kirim lamaran, masuk tahap wawancara pertama, kedua, dan seterusnya. Satu hal yang harus diperhatikan, siapkan cerita Anda. Menceritakan kembali merupakan elemen penting dalam mencari pekerjaan baru. Bahkan seharusnya menjadi fokus utama dalam pencarian kerja. Mengapa?

Ya, memang, dari dulu mungkin kebanyakan kita diajarkan untuk menyiapkan daftar kualifikasi, keahlian, dan sertifikat yang sudah berhasil diraih selama makan asam garam di dunia kerja. Namun coba pikir kembali, apakah daftar dan sertifikat tersebut bisa langsung menjawab pertanyaan sang pewawancara akan "Apakah Anda pantas dan bisa mengemban posisi ini?"

Menceritakan kembali apa yang sudah Anda lakukan di masa lampau (yang berhubungan dengan pekerjaan ya), menunjukkan jika Anda mengerti benar dan menguasai peran serta tanggung jawab di posisi terdahulu. Anda bisa mengelaborasikan alur cerita Anda dan hal ini menandai Anda sudah berpengalaman di posisi tersebut. Bahkan memberikan penerimaan jika Anda sukses mengemban seluruh tanggung jawab di posisi tersebut.

Sebagai pencari kerja, pertama-tama ingat seluruh cerita Anda, lalu coba buat draft cerita. Dari sana ceritakan kembali baik dalam bentuk tulisan dan perbincangan saat wawancara. Jangan lupa untuk mempraktikan apa yang sudah Anda tulis, cobalah berbagai metode dalam menyampaikan cerita hingga Anda merasa nyaman saat bercerita. Namun sebelumnya, agar bisa mendapatkan pekerjaan, tentunya harus mencari banyak informasi lowongan terbaru 2015 bukan? Seperti lowongan kerja terbaru di Surabaya, Jakarta, bahkan Bali. Jangan lelah mencari peluang sebanyak - banyaknya dan selalu berdoa juga. #AyoKerjaIndonesia

 

Jabat erat,

 

Indra Prasta

Country Manager of Karirpad

Bagikan artikel ini

ARTIKEL LAINYA

4 Tips Jitu Menggapai Resolusi Anda di Tahun Depan

Publikasi : 13 Desember 2017
Oleh : Karirpad

Senang Bercerita dan Berbicara? 4 Profesi Ini Sungguh Tepat untuk Anda

Publikasi : 13 Desember 2017
Oleh : Karirpad

4 Tujuan Nyata Kenapa Anda Harus Bekerja

Publikasi : 12 Desember 2017
Oleh : Karirpad

Tips Bekerja Tanpa Lembur

Publikasi : 12 Desember 2017
Oleh : Karirpad

Fresh Graduate - Gunakan 4 Trik Menulis CV agar Terlihat Menarik

Publikasi : 12 Desember 2017
Oleh : Karirpad

ˆ